Admin YM

Jumat, 22 Juli 2011

MENAMBAH ELEMEN HALAMAN (GADGET) DI BAWAH HEADER

Jika sahabat sebagai blogger pendatang baru (new blogger) seperti saya, kita biasanya memiliki ilmu yang pas-pasang dalam hal disain template blog. Karena itulah untuk membuat blog, tidak ada pilihan lain kecuali harus menggunakan templates standar blogger atau mendownloadnya dari beberapa situs penyedia seperti www.eblogtemplates.com, www.ourtemplates.com,www.blogspottemplates.com dan lain-lain (gratis). Di satu sisi, templates tidak semuanya menyediakan menu atau fasilitas yang kita inginkan. Contoh sederhana misalnya elemen halaman, yang dalam dunia blogging disebut gadget. Seperti kita ketahui, gadget umumnya terletak di bagian kiri dan kanan (side bar), walaupun ada juga di bagian kiri saja, di bagian kanan saja atau di bagian bawah.


Jarang kita temukan templates dengan posisi gadget di bagian atas. Sementara itu, proses modifikasi templates dalam rangka optimasi blog, kadang-kadang mengharuskan kita untuk meletakkan widget atau asesoris lainnya di bagian atas atau tepatnya di bawah header. Ambil contoh, misalnya kita ingin menambah menu navigasi (tabs menu) yang umumnya diletakkan di bagian atas (di bawah header). Sebagai blogger baru, kondisi seperti ini tentu merupakan kesulitan tersendiri. Bertitik tolak dari uraian tersebut, merupakan inspirasi bagi saya pada kesempatan ini untuk berbagi dengan sahabat blogger, khususnya blogger baru seperti saya bagaimana menambah elemen halaman (gadget) yang posisinya di bawah header. Langkahnya sangat sederhana, simple dan sangat mudah. Untuk itu, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut :


1. Login ke blog sahabat (www.blogger.com).
2. Klik dasbor, tata letak, lalu klik edit html.
3. Beri tanda contreng pada kotak kecil yang bertuliskan expand widget templates.
4. Cari kode seperti kode di bawah ini :

<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1' showaddelement='no'>

atau seperti ini :

<b:section class='header' id='header' maxwidgets='1'>

(gunakan kontrol F supaya cepat)

Setelah ketemu, hapus semua kode tersebut dan gantikan dengan kode berikut :

<b:section class='header' id='header' preferred='yes'>

# Simpan perubahan dan selesai.

Silahkan klik dasbor, tata letak untuk melihat perubahan yang terjadi. Akan nampak tulisan tepat di bawah header add gadget (tambah elemen halaman).
Nah sahabat, simple dan mudah bukan?.

Sebagai penutup dari artikel singkat ini, saya mengajak sahabat blogger yang memiliki informasi apa saja seputar dunia blogging dan seluk-beluk blogging yang bermanfaat untuk kita semua, mari saling berbagi. Karena hanya dengan saling berbagi, ilmu yang kita miliki akan makin bertambah. Ingat, karakteristik ilmu sangat berbeda dengan harta. Ilmu, makin dibagi makin bertambah, sebaliknya dengan harta, makin dibagi makin berkurang. Aktifitas blogging yang kita tekuni ini bisa melahirkan banyak inspirasi, dan itu orang lain akan memberi apresiasi pada hasil karya kita. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

0 Comment:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host