Admin YM

Jumat, 22 Juli 2011

Mengganti Blogspot Menjadi www.nama-sendiri.com (Gratis)

Sebenernya tema postingan seperti ini sudah saya jelaskan pada postingan yang terdahulu, namun karena menggunakan judul yang mungkin asing bagi telinga para blogger pemula seperti saya sehingga belum begitu paham bagaimana mengartikan dan menguraikan judul tersebut. Dan berikut saya akan mengulas kembali tentang bagaimana Mengganti Blogspot Menjadi www.nama-sendiri.com. Mungkin Anda merasa bingung kenapa blog tetapi alamatnya dot com,contohnya seperti yang Anda lihat saat ini . Alamat blog yang sedang Anda kunjungi sebenarnya adalah mas-bugie.blogspot.com namun coba lihat di address bar, namanya www.masbugie.com kan??Kalau tidak percaya silahkan Anda cek dengan mengetikan mas-bugie.blogspot.com di address bar maka akan otomatis redirect (mengarahkan kembali) ke alamat www.masbugie.com. Ingin tahu caranya? yuk silahkan baca pelan-pelan postingan dari blogger yang apa adanya ini hehe...

Istilah mengganti nama blogspot menjadi dot com/info/web.id/co.id yang Anda maksud adalah Custom Domain. Apa itu domain? domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di internet. Nama Domain memberikan kemudahan pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP.

Setiap domain harus memiliki Hosting. Apa itu hosting? Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

Jadi kalau saya artikan dengan memakai bahasa katrok bin ndeso seperti ini ,domain saya ibaratkan seperti papan nama sebuah toko, dan hosting adalah tempat penyimpanan barang-barang yang dijual ditoko tersebut. Jadi setiap domain harus mempunyai hosting guna menyimpan data yang disajikan oleh domain, tanpa hosting domain tidak dapat diakses oleh pengguna internet. Sampai disini saya yakin Anda pasti sudah paham, kalau belum juga paham silahkan dibaca dari awal lagi.

Kita kembali ke laptop, terus bagaimana donk supaya blog menjadi www.nama-sendiri.com?Ya Anda harus beli domain, untuk label .com(baca dot com)harganya yaitu sekitar 80 ribuan pertahun.Sebab label com(commercial) biasanya dipakai banyak orang untuk menjalankan bisnisnya via internet. Selanjutnya mengenai hostingnya juga Anda harus membeli, untuk kapasitas 200 MB biasanya penyedia layanan ini memasang tarif Rp.120.000/ tahun. "Wah repot juga ya mengganti blog menjadi dot com, bisa habis nih duit jajan sebulan?". Tunggu dulu saya kan belum selesai, untuk melakukan custom domain blog Anda bisa juga hanya cukup membeli domain saja karena hostingnya kan memakai blogger. Untuk fasilitas DNS (Domain Name Server) ada juga yang gratisan. Domain Name Server adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya. Cara kerja DNS kurang lebih seperti ini, Ketika kita merequest suatu alamat, misalnya www.friendster.com dari host kita (nirmaladewi.its.ac.id – 202.154.63.26), maka host kita akan mengontak name server lokal untuk menanyakan dimanakah www.friendster.com berada.

Apakah Anda tertarik untuk melakukan custom domain blog? Tidak perlu khawatir karena prosesnya gak ribet-ribet amat koq, dan apabila mungkin Anda sudah memiliki/membeli domain sendiri, klik disini untuk mengetahui secara tuntas bagaimana melakukan custom domain.

Semoga postingan yang panjang ini dapat menambah ilmu serta wawasan kita dalam mengenal lebih dalam tentang dunia internet.

Hufft...capek juga ngetik sebanyak ini..jangan lupa tinggalkan komentarnya yah..salam


0 Comment:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host